Ratusan Developer Antusias Ikuti Kompetisi OpenVino 2019

PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) bersama Intel dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) berkolaborasi mengadakan rangkaian acara OpenVino Hackathon 2019 melalui roadshow OpenVino Workshop dengan mengundang para IT Enthusiast di empat kota besar (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya) agar mencoba langsung pengalaman menggunakan OpenVino Toolkit.

Animo total peserta berjumlah 400-an orang antusias hingga melebihi kuota. Selama workshop, peserta diperkenalkan dengan teknologi OpenVino™, bagaimana cara menggunakan hingga dapat mengembangkan aplikasi dengan menggunakan teknologi deep learning (AI). Workshop berbayar diadakan selama satu hari penuh menghadirkan mentor-mentor terbaik dari Intel Indonesia, Singapura, Korea, Taiwan, termasuk Indonesia.

OpenVino Hackathon adalah kompetisi untuk mengajak seluruh anak bangsa berlomba memberikan solusi TI di bidang computer vision dengan menggunakan platform OpenVino dari Intel. Solusi yang dicari dari permasalahan kehidupan sehari-hari. Tujuan kompetisi ini untuk memberdayakan developer Indonesia dan membangun solusi yang berbasis teknologi AI terbaru dan terbaik. Kompetisi ini telah melahirkan berbagai aplikasi/solusi berbasi AI di lintas industri termasuk ritel, vision, kesehatan, dan segmen vertikal smart city. Saat ini, kompetisi OpenVino telah memasuki babak akhir dan 12 finalis sudah terpilih mengikuti babak final dan siap untuk memperebutkan hadiah utama.

SMI adalah anak usaha Grup Metrodata bidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi, bersama Intel menginisiasi kompetisi bidang Artificial Intelligence of Things (AioT), yang berkolaborasi dengan ekosistem di seluruh Indonesia, pada tanggal 28 Maret 2019 meluncurkan kompetisi OpenVino.

Sebagai gerbang kompetis OpenVino, SMI meSum,ngundang seluruh para pengembang di Indonesia untuk turut partisipasi sebagai wujud visi SMI dalam memberdayakan pengembang di Indonesia untuk mendapat teknologi terbaru.

Adapun krteria utama penjurian adalah mencari aplikasi yang berorientasi dalam bisnis dan memiliki nilai bisnis. Selain itu, solusinya mudah direplikasi serta dapat dipakai oleh banyak orang. Akhirnya, terpilih 12 finalis membuat solusi yang beragam dan unik seperti seleksi sampah, mendeteksi ayam sakit, bahkan mendeteksi orang stres atau tidak. Serangkaian penjurian dilakukan oleh tim juri dari Intel, Metrodata serta pihak independen.

“Kami tidak menduga bahwa animo peserta sangat banyak untuk belajar. Indonesia memiliki banyak developer handal, dan kini saatnya kami berinisiatif melalui kompetisi OpenVino memberikan mereka peluang bisnis melalui hasil karya mereka yang dapat mendukung proses bisnis,” ujar Lie Heng, Solution Director PT Synnex Metrodata Indonesia.

Kompetisi ini merupakan hal baru bagi Synnex sebagai perusahaan yang bergerak dibidang distributor. Namun, mereka bersyukur memiliki kesempatan untuk lebih berani mencoba sesuatu yang baru, yang akan berdampak sangat positif bagi perusahaan. Solusi dari Hackathon ini diharapkan dapat berkelanjutan serta dapat menjadi Market Ready Solution. Pihaknya juga berinisiatif mengundang ISV yang memiliki solusi untuk berkolaborasi.

“Sebagai perusahaan yang telah ditunjuk oleh Intel Corporation sebagai Intel IoT Solution Aggregator di Indonesia, kami sediakan solusi IoT yang diperlukan mitra bisnis dan pelanggan termasuk Intel Market Ready Solution dari berbagai vendor di seluruh dunia ke Indonesia,” kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk.

Intel Market Ready Solution merupakan solusi IoT yang telah diverifikasi oleh Intel, diterapkan dan digunakan oleh pelaku bisnis. Disamping itu, kami juga masih mencari solusi-solusi lokal tepat guna yang dapat digunakan sebagai Market Ready Solution khususnya solusi computer vision. Diharapkan dari hasil kompetisi OpneVino ini dapat menjaring banyak developer terbaik sekaligus menyuguhkan solusi-solusi Market Ready Solution untuk Indonesia.

Intel memungkinkan dan mendorong terbentuknya ekosistem untuk mengakselerasi transformasi digital dalam berbagai industri, seperti pabrikan, ritel, smart city, layanan kesehatan di seluruh dunia. Indonesia, sebagai negara berpopulasi paling padat nomor 4 di dunia, mempunyai potensi besar untuk berkembang melampaui negara-negara yang mengadopsi solusi AI dan IOT. “Kami telah mengalami banyak upaya momentum percepatan digital di indonesia,” ujar Arunava Chakrabarty, Director of Intel APJ Teritorry, Channel Scale and Partners.

SMI menyediakan hadiah bagi tiga pemenang dengan nilai total Rp 90 juta. Juga, menawarkan kerja sama kepada pemenang untuk memasarkan solusi tersebut. Sedangkan Intel akan mengundang pemenang datang ke kantor pusat Intel AS untuk belajar atau berkonsultasi dengan engineer Intel yang berpengalaman.

Sumber: www.swa.co.id

Leave A Comment

What’s happening in your mind about this post !

Your email address will not be published. Required fields are marked *